Bismillahirrahmanirrahim......Selamat Datang...Semoga Allah Memberkati :)

Selasa, 16 Oktober 2012

Membuat bakso ikan....

Bahan yang diperlukan :
0,5 kg daging ikan (ikan tongkol, ikan tengiri, ikan tuna)
0,5 kg tepung kanji
2 butir telur
2 ml air es

Bumbu Pentol :
3 siung bawang putih
5 butir ketumbar


Bumbu untuk kua bakso :
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Lada secukupnya
Ketumbar secukupnya
Jahe secukupnya
irisan daun bawang
irisan daun slendri
bawang goreng


Cara Membuat pentol :
Daging ikan di haluskan dengan cara digiling, diulek ataupun diblender, kemudian haluskan juga bumbu yang telah disediakan, lalu campurkan bumbu tersebut dan masukkan telur serta air es, campur jadi satu, kemudian masukkan tepung kanji secara perlahan-lahan sampai merata. Masaklah air sampai mendidih kemudia bentuknya adonan menyerupai pentol dan kemudian masukan ke dalam air yang mendidih. Atau jika menginginkan di dalamnya di isi telur puyuh, bisa di sisipkan di dalamnya. Tunggu beberapa menit, angkat pentol yang sudah mengambang di permukaan air mendidih lalu tiriskan.

Cara Membuat kuah:
Masaklah air atau kalo mau kaldu dari ikan bisa memakai sisa dari rebusan pentol, kemudian haluskan bumbu kuah dan masukan ke dalam air, setelah beberapa menit kemudian masukan pentol. setelah semuanya mendidih kemudian baru masukkan irisan bawang, irisan selendri dan irisan bawang goreng. Kemudian matikan kompor dan bakso ikan siap disajikan untuk disantap bersama dengan keluarga. Bakso ikan ini juga cocok dan sangat baik untuk pertumbuhan si kecil karena mengandung banyak gizi dan vitamin.


Pentol ikan ini juga bisa digoreng, atau  bisa hanya ditemani oleh sambal kacang atau saus, bisa dijadikan camilan saat keluarga berkumpul.
selamat Mencoba


1 komentar: