Bismillahirrahmanirrahim......Selamat Datang...Semoga Allah Memberkati :)

Rabu, 18 Januari 2012

Catatan Pengenalan SIM (Sistem Informasi Manejemen)


  1. pengertian manajement
·         Mary Parker mengatakan manajement adalah “ the art of getting things done through the people” yang tidak dapat dikatak secara individu.
·         Usaha kerjasama untuk tujuan tertentu
·         proses kegiatan mengelolah sumber daya manusia , material, metode agar tujuan dapat tercapai secara efisien dan efektif.
  1. Pengertian informasi
·         Gordon B Davis mengatakan bahwa informasi adalah data yang dip roses ke dalam suatu bentuk yang telah di proses ke dalam suatu arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang
·         Mc Leod, mengartikan data terdiri dari fakta dan angka yang tidak berarti bagi pemakai sedangkan informasi adalah data yang telah diproses sehingga dapat mennghasilakan suatu makna.
3.      Pengertian system
·         Indrajit : kumpulan berbagai komponen yang berkaitan satu sama lain.
·         McLeod :sekelompok elemen yang terorganisir dengan maksud yang sama yaiitu untuk mencapai suatu tujuan
·         Kenethb : unsur yang mengawakili suatu proses adalah input, proses, dan ouput serta feedback.
4.      Pengetian Sistem Informasi Management
·         suatu sistem yang diciptakan untuk melaksanakan pengelolahan data yang akan dimanfaatkan oleh suatu organisasi
·         suatu sistem berbasis komputer yang bertujuan untuk membantu managemen dalam mengelolah informasi demi pencapaian suatu organisasi
5.      Makna sistem dalam SIM
·         suatu sistem baru akan bekerja dengan baik jika terdapat interaksi efektif antara 3 komponen organisasi, yaitu
§  SDM (people)
§  Prosedur (proses)
§  teknologi informasi (tecnology)
6.      Alasan informasi penting bagi managemen
·         informasi telah menjadi suatu faktor informasi penting yang harus dikuasai oleh management untuk keperluan strategis mauapun operasional sehari- hari
·         data sehari-hari perlu diolah lebiah lanjaut menjadi informasi agar dapat bernilai (value) bagi penggunanya.
7.      Standarisasi informasi yang dibutuhkan ole management
·         ketiga fungsi management membutuhkan informasi yang berkaitan dengan proses dan fungsi yang ada didalam suatu organisasi atau perusahaan terkait seperti informasi keuangan, SDM, produk dan pelayanan, pemasaran, manufaktu dll
8.      alasan SIM membutuhkan TI
·         teknologi informasi dapat memebantu management falam proses penciptaan produk dan atau jasa yang siap ditawarkan kepada pelanggan (transaction role).
·         teknologi informasi dapat memebantu management perusahaan dalam usahanya untuk proses pengambilan keputusan yang berkualitas (decision making role)
·         teknologi informasi dapat membantu management dalam proseskomonukasi, koordinasi, kooperasi antara berbagai individu dalam organisasi (communication role)
9.      Bagaimana mengkoerversi data menjadi informasi??
·         colection, proses pengambilan data atau pengumpulan fakta menjadi data digital melalui berbagai cara (memasukkan data melalui keybord, scannerr, berkode, video picture, digital camera)
·         clafication, proses klasifikasi data menjadi berbagai jenis, misalnya suffiks.doc untuk dokumen dalam Miicrosoft Word, suffiks.ppt untuk dokumen presentasi Microsoft Power Point, suffiks.jpg untuk katagori gambar, suffiks.mp3 untuk lagu, etc.
·         Sorting,adding, mengging yaitu proses mengurutkan manambah atau mengabungkan berbagai jenis data untuk tujuan aplikasi tertentu.
·         sumarizing yaitu proses merumuskan atau meringkas berbagai ragam data berdasarkan pola tertentu.
·         storing yaitu proses menyimpan data hasil olahan ke dalam media penyimpanan digital
·         retrieval yaitu proses pencaharian dan pengambilan informasi hasil olahan data dari media penyimpanan.
·         dissemination, proses penguraian informasi untuk disebarkan dan didistribusikan.
10.  langkah yang dilakukan oleh TI untuk meningkatkan kinerrja organisasi
·         Eliminatif yaitu teknologi informasi diharapkan akan mampu menghilangkan proses-proses yang dianggap tidak perlu lagi jika sistem komputer di implementasikan, efisiensi, paperless, etc.
·         simplifity, yaitu teknologi informasi mampu melakukan penerderhanaan proses tertentu atau pengurangan mata rantai dari sebuah prosedur panjang untuk tujuan pelaksanaan aktivitas yang lebih cepat dan mudah.
·         integrate, teknologi informasi diharapkan mamapu melakukan perbaikan proses atau prosedur  yang biasanya ditangani oleh beberapa karyawan atau bagian yang terpisah menjadi sebuah proses sederhana.
·         otomate, otomomasi yang dilakukan oleh teknologi informasi,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar