Bismillahirrahmanirrahim......Selamat Datang...Semoga Allah Memberkati :)

Rabu, 22 Februari 2012

Belajar berwirausaha..:)

          Berwirausaha adalah hal yang paling mudah untuk mendapatkan uang. Modal utamanya adalah keberanian. Berwirausaha juga merupakan pekerjaan yang di dalamnya tidak ada paksaan, kita bekerja untuk diri kita sendiri, kita bisa bebas menginterprestasikan keinginan kita tanpa tekanan dari orang lain. Memang membuka suatu usaha bukanlah hal mudah seperti membalikkan ke dua telapak tangan, ini juga memerlukan usaha keras dan pengorbanan yang tidak sedikit. Aku adalah lulusan S1 administrasi negara, bayanganku ketika aku lulus adalah menjadi abdi negara, tapi kadang apa yang kita harapkan, tidak semuanya menjadi kenyataan. Allah terlalu sayang  dengan kita, sehingga Dialah yang menentukan apa yang kita butuhkan, tetap yakinlah bahwa apa yang terjadi pada kita itulah yang terbaik, Allah tidak akan menguji suatu kaum diluar batas kemampuannya. Dalam benakku, tidak ada niat untuk menjadi seorang wirausahawan, meskipun aku tahu bahwa orang-orang sukses dan kaya adalah mereka yang berwirausaha, tidak ada ceritanya seorang abdi negara bisa kaya, adapun kalau kaya adalah hasil korupsi atau warisan dari orang tua. Waktu 1 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk tiap hari mencoba memasukan lamaran ke perusahaan-perusaahan, bahkan bisa dikatakan semua perusahaan yang ada di lingkungan wilayahku sudah ku coba masukan lamaran, meskipun tidak ada informasi mengenai adanya lowongan, tetap saja aku mencoba dengan harapan ada lowongan. Instasi-instansi pemerintah yang aku harapkan juga tidak membuka tes-tesan, sebenarnya aku sempat mengikuti tes-tesan CPNS pada awal-awal kelulusanku, tapi Allah menakdirkan lain. Memasukkan lamaran ke instansi sebagai tenaga honorer juga hal yang mustahil, di samping banyak instansi yang memang tidak mau menerima honorer, masih banyak juga instansi diwarnai dengan nepotisme, hanya orang yang mempunyai orang dalem yang bisa menjadi pegawai honorer. Aku sempat bekerja dan dikontrak oleh beberapa perusahaan, tapi tidak tahu kenapa semuanya terasa sulit, sehingga aku memutuskan untuk keluar dan mencoba sesuatu yang baru. Aku juga tidak mau mengantungkan hidup ini terus-terusan kepada orang tua, aku ingin berbuat yang bisa menjadikan hidup ini lebih bermanfaat, setidaknya aku harus mampu memenuhi kebutuhan hidupku sendiri,  meskipun aku tidak bisa memberi untuk mereka tapi setidaknya aku sudah tidak meminta kepada mereka.
          Alhamdulillah Allah menjawab doaku, aku memberikan bimbingan belajar untuk anak-anak tetanggaku, meskipun hasilnya  tidak seberap karena lingkungan rumahku adalah lingkungan kelas menengah ke bawah tapi Alhamdulillah itu cukuplah untuk membeli pulsa dan jajan :D... ya kegiatan itu aku anggap refreshing aja, apa lagi aku tau bahwa tak ada perbuatan yang sia-sia, berbagi ilmu adalah hal yang mulia, ya semoga Allah menjadikan itu semua ladang pahala buatku. Di sisi lain, aku terus berdoa semoga Allah terus memberikan aku keihlasan dan kesabaran dalam mengahadapi ini semua, . Aku terus berpikir apa yang bisa aku lakukakn, hingga akhirnya aku memberanikan diri untuk mulai berwirausaha, aku menabung uang sedikit demi sedikit dari hasil ngeles untuk memulai sesuatu yang baru, aku tidak ingin merepotkan ke dua orang tuaku, akhirnya ku bulatkan tekad untuk berbisnis baju-baju wanita terutama baju tidur, ku beranikan diri menghubungi saudara sepupuku yang ada di luar pulau, aku beranggapan bahwa di sana adalah pasar yang bagus, karena di sana harga dan pilihan terhadap baju-baju seperti itu masih terbatas, jadi aku mencoba menawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Alhamdulillah saudaraku menyambut baik niatku, awalnya aku hanya mengirim beberap jenis baju karena aku terbatas dengan modal, tidak hampir 2 minggu baju-baju yang aq tawarkan laku semuanya, mendengar hal tersebut Alhamdulillah orang tuaku langsung memberikan aku modal untuk melanjutkan usaha ini. Dan Alhamdulillah juga dari bisnis ini juga aku bisa membelikan baju untuk mereka, semoga suatu saat aku bisa membeilikan sesuatu yang lebih besar lagi. Alhamdulillah juga barang-barangku juga dilirik oleh satu koperasi pegawai negeri yang ada di sana, mereka bersedia menjadi tempat penjualan barang-barangku dan Alhamdulillah semuanya semakin membaik. Alhamdulillah di lingkungan rumahku juga ada orang yang bersedia menjualnya. Alhamdulillah juga ibuku juga mulai belajar bewirausaha, beliau mengenalkan barang-barangku ke teman-teman sekolahnya.  Aku terus berharap semua berjalan dengan baik, dan aku sekarang malah ingin memulai usaha yang baru. Berwirausaha adalah hal yang menyenangkan, jangan takut untuk mencoba, lakukan apa yang bisa kita lakukan, jangan terlalu terpaku pada satu jalan, masih banyak jalan untuk meraih kesuskesaan, dan aku juga ingin terus istiqamah dalam menjemput kesuksesan, Moga Allah selalu meridai langkah-langkahku :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar